KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PEMBINAAN PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN NO : KEP 20/DJPPK/VI/2004 TENTANG SERTIFIKASI KOMPETENSI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA BIDANG KONSTRUKSI BANGUNAN

KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PEMBINAAN PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN NO : KEP 20/DJPPK/VI/2004

TENTANG

SERTIFIKASI KOMPETENSI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA BIDANG KONSTRUKSI BANGUNAN

DIREKTUR JENDERAL PEMBINAAN PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN

Menimbang :

a. bahwa pelaksanaan proyek konstruksi bangunan mengandung potensi bahaya yang dapat mengancam tenaga kerja dan atau orang lain yang berada ditempat kerja proyek konstruksi bangunan dan mengancam seluruh tahapan pekerjaan konstruksi beserta isinya;

b. bahwa untuk menjamin keselamtan dan kesehatan kerja terhadap tempat kerja proyek konstruksi bangunan diperlukan adanya tenaga kerja yang berkompeten dan memiliki kewenangan sebagaimana dimaksid pedoman teknis keselamatan dan kesehatan dan kesehatan kerja pada tempat kegiatan konstruksi bangunan;

c. bahwa untuk itu perlu adanya persyaratan yang mengatur sertifikasi kompetensi keselamatan dan kesehatan kerja dibidang konstruksi bangunan yang ditetapkan dengan suatu keputusan;

Mengingat :

  1. Undang-Undang No.1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.
  2. Undang-Undang no.18 tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi.
  3. Undang-Undang No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
  4. Undang-Undang No. 21 tahun 2003 tentang Raflikasi Konvensi ILO No,81 mengenai Pengawasan Ketenagakerjaan di Industri dan Perdagangan.
  5. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.01/Men.1980 tentang K3 Konstruksi bangunan.
  6. Surat Keputusan Bersama Menjadi Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Menteri Pekerjaan Umum No.174/Men/1986 dan No.104/KPTS/1986 tentang K3 pada tempat kegiatan konstruksi, beserta pedoman teknisnya.

Menetapkan

PERTAMA : Setiap proyek konstruksi bangunan yang mempekerjakan tenaga kerja lebih 100 orang atau penyelenggaraan proyek diatas 6 (enam) bulan, harus memiliki sekurang-kurangnya 1(satu) orang Ahli Utama K3 Konstruks, 1(satu) orang Ahli Madya K3 Konstruksi dan 2(dua) orang Ahli Muda K3 Konstruksi.

KEDUA : Setiap proyek konstruksi bangunan yang mempekerjakan tenaga kerja kurang 100 orang atau penyelenggaraan proyek dibawah 6(enam) bulan, harus memiliki sekurang-kurangnya 1 (satu) orang Ahli madya K3 Konstruksi dan 1(satu) orang Ahli Muda K3 Konstruksi.

KETIGA : Setiap proyek konstruksi bangunan yang mempekerjakan tenaga kerja kurang 25 orang atau penyelenggeraan proyek dibawah 3(tiga) bulan, harus memiliki sekurang-kurangnya 1(satu) orang Ahli Muda K3 Konstruksi.

KEEMPAT : Setiap tenaga kerja yang diserahi tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan pemasangan, perawatan, pemeliharaan dan pembongkaran perancah harus memenuhi syarat kompetensi K3 Perancah.

KELIMA :

a. Ahli Utama K3 Konstruksi, Ahli Madya K3 Konstruksi, Ahli Muda K3 Konstruksi, dan Teknisi K3 Perancah harus memiliki sertifikat dan lisensi kompetensi serta kewenagan yang cukup sesuai ketentuan dan persyaratan sebagaimana diatur dalam lampiran surat keputusan.

b. Mata pelajaran dan syarat-syarat peserta pembinaan keselamatan dan kesehatan kerja, seperti tercantum dala, lampiran surat keputusan ini.

c. Untuk mendapatkan sertifikat dan lisensi kompetensi sebagaimana dimaksud pada butir (a), wajib mengikuti pembinaan keselamatan dan kesehatan kerja dan dinyatakan lulus.

KEENAM : Penyelenggaraan pembinaan keselamatan dan kesehatan kerja sebagaimana dimaksud butir kelima point a, b dapat dilaksanakan oleh Asosiasi profesi bidang K3 Konstruksi Bangunan dan perusaan jasa K3 sebagaimana dimaksud dalam Permenaker No. Per. No.04/Men/1995 tentang Perusahaan Jasa K3 dan atau dengan pola in house training/swadaya perusahaan.

KETUJUH : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dengan ketentuan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

DITETAPKAN DI : JAKARTA,

PADA TANGGAL : 30 Juni 2004

DIREKTUR JENDERAL

PEMBINAAN PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN

MSM. Simanlhuruk, SH, MM

NIP : 130353033

Kami Butuh Bantuanmu

JIka ada kesalahan dalam penulisan lainnya silakan hubungi kami

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Yang lainnya