Hasil Audit SMK3

Setelah pemeriksaan selesai dilakukan, maka perlu dibuat laporan hasil audit. Bagi audit internal, draft laporan hendaknya dipresentasikan kepada manajemen. Pada kesempatan ini dapat diseleksi dan disusun kembali prioritas rencana perbaikan yang diusulkan berdasarkan hasil diskusi bersama.

Isi pokok laporan suatu audit antara lain :

  • Hasil temuan ketidaksesuaian
  • Kelemahan unsur sistem yang perlu perbaikan apakah itu perangkat keras, perangkat lunak atau manusia.
  • Saran perbaikan.

Susunan laporan Audit SMK3 terdiri dari:

  1. Kesimpulan, menyatakan secara ringkas hasil audit menyeluruh. Isinya singkat, jelas, obyektif dan dapat menarik minat manajemen untuk membacanya. Orientasi pada kepentingan manajemen dan perusahaan serta segi positif diletakkan di depan sebelum mengemukakan kelemahan sistem.

    Perlu dingatkan bahwa tujuan audit adalah membantu pimpinan perusahaan untuk mengenali bahaya potensial dalam tempat kerja sebelum mengenali bahaya potensial dalam tempat kerja sebelum timbul gangguan operasi, kecelakaan, kebakaran, pencemaran, penghentian pabrik secara darurat dan bentuk insiden yang merugikan lainnya dan bukannya ditujukan untuk mencari kesalahan.
  2. Pelaksanaan Audit, menjelaskan secara singkat tetapi cukup lengkap tentang pelaksanaan Audit seperti misalnya lingkup audit dan daerah yang perlu perhatian khusus.
  3. Temuan, menyajikan data tentang hasil audit secara lengkap yang berisi kekuatan dan kelemahan penerapan sistem manajemen K3.
  4. Saran, berupa usulan untuk memperbaiki sistem, saran ini harus mempertimbangkan segi kepraktisan, keekonomian, kepentingan operasi dan keselamatan unit. Sedapat mungkin ditentukan juga prioritas saran untuk merumuskan rencana perbaikan yang bersifat jangka pendek dan jangka panjang.
  5. Formulir laporan sesuai dengan lampiran IlI Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012.

Laporan audit eksternal didistribusikan oleh lembaga audit kepada:

  • Perusahaan yang dilakukan audit;
  • Kementerian Ketenagakerjaan c.q.Dirjen Binwasnaker;
  • Lembaga audit;
  • Kadisnaker provinsi/kab/kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *