ISO 9001

Sertifikasi ISO 9001 adalah standardisasi internasional yang paling dasar yaitu standard yang mengatur Sistem Manajemen Mutu/ Quality Management System, saat ini hadir dengan versi terbarunya yaitu ISO 9001:2015. Metode pendekatan ISO 9001:2015 menggunakan pendekatan proses (Process Approach), pendekatan sistem (System Approach) dan juga menggunakan pola Plan – Do – Check Action (PDCA) Continuous Improvement.

ISO 9001 merupakan salah satu dari banyaknya sertifikasi ISO yang dapat diimplementasikan dalam organisasi kita. Menerapkan ISO 9001 berarti organisasi Anda telah menerapkan proses yang efektif dan melatih staf untuk menghasilkan produk atau layanan tanpa cacat dari waktu ke waktu.

Manfaat Sertifikasi ISO 9001

Dengan lebih dari satu juta sertifikat yang dikeluarkan untuk organisasi di 189 negara, ISO 9001 adalah standar manajemen mutu yang paling banyak digunakan di dunia. Berikut manfaat yang didapat dan mengapa ISO 9001 itu penting ?

  • Kepercayaan pelanggan : Standar ini memastikan bahwa organisasi memiliki proses pengendalian kualitas yang kuat, sehingga meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
  • Penyelesaian keluhan yang efektif : ISO 9001 menawarkan pedoman untuk menyelesaikan keluhan pelanggan secara efisien, berkontribusi terhadap penyelesaian masalah yang tepat waktu dan memuaskan.
  • Peningkatan proses : Standar ini membantu mengidentifikasi dan menghilangkan inefisiensi, mengurangi pemborosan, menyederhanakan operasi, dan mendorong pengambilan keputusan yang tepat, sehingga menghasilkan penghematan biaya dan hasil yang lebih baik.
  • Optimalisasi yang berkelanjutan : Audit dan tinjauan rutin yang didorong oleh ISO 9001 memungkinkan organisasi untuk terus menyempurnakan sistem manajemen mutu mereka, tetap kompetitif, dan mencapai kesuksesan jangka panjang.

ISO 9001:2015 adalah revisi terbaru dari standar sebelumnya, ISO 9001:2008. Standar ini dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO) dan bertujuan untuk memperbaiki mutu produk atau layanan di berbagai industri. Beberapa prinsip utama yang harus dipatuhi oleh organisasi dalam mencapai mutu yang baik.

Dengan mengikuti panduan ISO 9001:2015, perusahaan Anda dapat memperkuat sistem manajemen mutu, meningkatkan efisiensi kerja, dan memperkuat reputasi bisnis di mata pelanggan serta mitra kerja.

Sumber:
ISO ORG