P2K3

Apa Itu P2K3

P2K3 atau Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja ialah badan pembantu di tempat kerja yang merupakan wadah kerjasama antarapengusaha dan pekerja untuk mengembangkan kerjasama saling pengertian danpartisipasi efektif dalam penerapankeselamatan dan kesehatan kerja.

Setiap tempat kerja dengan kriteria tertentu, pengusaha atau pengurus wajib membentuk P2K3. Kriteria yang dimaksud adalah:

  1. Tempat kerja dimana dipekerjakan 100 (seratus) orang atau lebih 
  2. Tempat kerja dimana pengusaha pengurus mempekerjakan kurang dari 100 (seratus) orang, akan tetapi mengunakan bahan, proses dan instalasi yang mempunyai resiko yang besar akan terjadi peledakan, kebakaran, keracunan dan penyinaran radio aktif.

P2K3 di Perusahaan
P2K3 di Perusahaan

Syarat Keanggotaan P2K3

1. Keanggotaan P2K3 terdiri dari unsur pengusahan dan tenaga kerja yang susunannya terdiri atas Ketua Sekretaris, dan Anggota

2. Sekretaris P2K3 adalah Ahli K3 Umum di perusahaan yang bersangkutan

3. Ketua P2K3 adalah pimpinan perusahaan atau salah satu pimpinan perusahaan yang ditunjuk (khusus untuk kelompok perusahaan/sentra industri)

4. Jumlah dan susunan P2K3 adalah sebagai berikut :

  • Perusahaan yang mempunyai tenaga kerja 100 (seratus) orang atau lebih, jumlah anggota sekurang-kurangnya 12 (dua belas) orang terdiri 6 (enam) orang mewakili pengusaha pimpinan dan 6 (enam) orang mewakili tenaga kerja
  • Perusahaan yang mempunyai tenaga kerja 50 (lima puluh) sampai dengan 100 (seratus) orang, jumlah anggota sekurang kurangnya 6 (enam) orang yang terdiri atas 3 (tiga) orang mewakili pengusaha dan 3 (uga) orang mewakili pekerja
  • Perusahaan yang mempunyai tenaga kerja kurang dari 50 (lima puluh) orang dengan tingkat resiko bahaya sangat besar jumlah anggota sesuai dengan ketentuan diatas
  • Kelompok perusahaan yang mempunyai tenaga kerja kurang dari 50 (lima puluh) orang untuk anggota kelompok, jumlah anggota sesuai dengan ketentuan di atas yang masing-masing anggota mewakili perusahaannya.

Struktur Organisasi P2K3

Organisasi P2K3 dapat mempunyai banyak variasi tergantung kepada besar, jenis bidang, bentuk kegiatan dari perusahaan dan lain sebagainya. Kepengurusan dari pada organisasi P2K3 terdiri dari seorang ketua, wakil ketua, seorang atau lebih sekretaris dan beberapa anggota terdiri dari unsur pengusaha dan pekerja.

1. Ketua dijabat oleh seorang pimpinan perusahaan yang mempunyai kewenangan dalam menerapkan kebijakan di perusahaan

2. Sekretaris dapat dijabat oleh ahli K3 Umum atau petugas K3 atau ahli lain yang dipersiapkan untuk menjadi petugas K3

3. Para anggota terdiri dari wakil unit-unit kerja yang ada dalam perusahaan dan telah memahami permasalahan K3.

1 thought on “P2K3

  1. Alvin Untadi Reply

    Saya akan menanyakan mengenai struktur P2K3 dalam perusahaan. Kalau dilihat bahwa ketua itu dijabat oleh Pimpinan Perusahaan.
    Yang saya tanyakan :
    1. Apa yang dimaksud dengan pimpinan perusahaan ini (apakah level GM/Manager/yg lainnya boleh?)
    2. Kalau harus level GM atau Manager, dasar hukumnya dimana?
    3. Dasar hukum bahwa ketua P2K3 ialah pimpinan perusahaan bisa dilihat dimana?

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *